Warung Bu Spoed, Warung yang Sudah Buka Selama 1 Abad

Tak banyak usaha keluarga yang bisa bertahan selama satu abad. Apalagi rumah makan yang mampu mempertahankan cita rasa sampai 1 Abad. Di Jalan Ibu Ruswo No 32, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta, ada satu warung makan yang bertahan sampai satu abad lebih. Warung makan ini bernama “Warung Makan Bu Spoed” yang berdiri sejak 1920. Pemilik Warung Makan Bu Spoed Sari Dwijayanti mengatakan bahwa dirinya hanya mengetahui berdasarkan cerita dari sang ibunya generasi ketiga soal awal mula berdirinya warung ini. Pendiri pertama yaitu Mbah Harjo yang merupakan nenek buyutnya.

Ia mengungkapkan, di pojok beteng yang dulu hancur karena serangan tentara Inggris atau lebih dikenal sebagai “Geger Sapehi” itu awalnya sangat sederhana. Sama seperti bangunan lain hanya berupa anyaman bambu atau gedek. Menu makanan yang dijual Mbah Harjo saat itu memang beberapa ada yang sudah tidak ada. Tapi, menu andalan seperti terik daging, empal goreng sampai paru krispi merupakan makanan yang dijual 100 tahun lalu. Total ada 60 menu di sediakan setiap harinya.

Soal penamaan warung yang berbeda dengan nama asli Bu Harjo, lanjut Sari, ada kisah tersendiri. Mulai dari sebutan pelanggan karena kecepatan tangan Mbah Harjo dalam melayani pembeli, keberadaan bengkel sepeda atau bahasa Jawa disebut “pit”.

Bahkan, karena sikap disiplin tersebut, kata Sari, pernah ada utusan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang akan memborong tahu dan tempe bacem, tapi ditolak karena tidak mau pelanggan lain yang datang jauh-jauh itu kecewa, akhirnya diperbolehkan hanya beli separuh.

Menu andalan di sini adalah tahu dan tempe bacem. Sari mengaku, khusus menu itu sebaiknya datang pagi-pagi setelah warung buka.

Baca Juga: Bakso Reog: Bakso Viral di Kota Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.