Tiga Desa di Aceh Timur Direndam Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

Banjir merendam tiga desa di Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Aceh. Luapan banjir itu menyebabkan ratusan warga harus mengungsi. 

Tiga desa yang terdampak banjir ini adalah Alue Sentang, Paya Tampan dan Alue Gadeng 2. Ketinggian banjir di sana bervariasi antara 20 cm hingga 125 cm. 

“Hujan di wilayah Kabupaten Aceh Timur mengakibatkan meluapnya air sungai sehingga menggenangi permukiman warga, persawahan dan badan jalan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas, Jumat (31/12). 

 

Baca juga : Ledakan Tabung Gas di Jakut Rumah 3 Lantai Rusak

 

Banjir terjadi sejak Kamis (30/12) malam sekitar pukul 19.45 WIB. Ilyas mengatakan, korban terdampak banjir tersebut yakni di Alue Sentang sebanyak 1.600 jiwa, Paya Tampah 104 jiwa, dan Alue Gadeng berjumlah 551 orang. 

“Pengungsi di Gampong Alue Sentang sebanyak 225 KK/900 jiwa. Mereka mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi dan meunasah,” jelas Ilyas. 

Dia menyebut Desa Alue Sentang dan Alue Gadeng 2 hingga hari ini masih terendam banjir. Sedangkan di Paya Tambah air berangsur-angsur surut. Banjir tersebut juga menggenangi badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. 

Menurutnya, petugas BPBD setempat telah dikerahkan ke lokasi dan mereka membawa dua perahu. 

“Kami masih mendata dampak material akibat banjir tersebut. Di lokasi sekarang masih diguyur hujan deras,” ujar Ilyas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.