5 Menu Takjil Khas Aceh Yang Wajib Banget Dicoba

Takjil adalah makanan yang dihidangkan ketika berbuka puasa. Nah tiap daerah di Indonesia punya menu takjil khas. Dari Aceh, ada boh rom-rom, timpan srikaya, hingga meuseukat yang legit dan gurih.
Di Aceh, Sobar lokal bakal dimanjakan dengan kehadiran aneka takjil untuk berbuka puasa. Jenisnya beragam dengan rasa manis gurih yang puaskan selera.

Kebanyakan dibuat dari beras ketan, tapi memiliki isian dan paduan bahan yang berbeda. Misalnya lepat gayo yang diisi kelapa parut, lalu ada lemang yang rasanya lebih ke arah gurih karena dipadukan santan.

Ada juga menu takjil khas Aceh lainnya seperti roti jala yang bisa dinikmati dengan cocolan kari ayam atau kambing. Kalau suka yang manis bisa coba roti jala dengan taburan keju hingga susu kental manis. So berikut adalah rekomendasi 5 menu takjil khas Aceh yang enak dan lezat;

1. Boh Rom-rom

Tampilannya mirip klepon, inilah boh rom-rom yang identik sebagai menu buka puasa masyarakat Aceh. Bola-bola hijau yang kenyal manis ini dibuat dari tepung beras ketan sebagai bahan utamanya. Warna hijaunya didapat dari penggunaan sari pandan.

Boh rom-rom diberi isian gula pasir atau potongan gula aren. Kue ini direbus hingga matang lalu diberi taburan kelapa yang gurih. Saat disantap, boh rom-rom bakal memberikan sensasi isian ‘meledak’ di mulut. Kue ini mudah ditemui di pasar-pasar takjil di Aceh.

2. Lepat gayo

Masyarakat suku Gayo menyambut ramadan dengan tradisi meugang dimana mereka saling bertukar lepat gayo. Hidangan ini menjadi simbol perekat atau pemersatu.

Lepat gayo dibuat dari tepung beras ketan, kelapa parut, dan gula aren. Adonan berwarna kecokelatan ini kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar di atas arang untuk mematangkannya. Lepat gayo termasuk kudapan yang awet disimpan berhari-hari.

3. Lemang

Lemang atau leumang adalah menu takjil khas Aceh yang amat populer. Lemang terbuat dari adonan beras ketan dan santan, lalu dibakar menggunakan bilah bambu hingga matang. Mirip lamang Sumatra Barat atau nasi jaha khas Manado

Rasanya legit dan gurih. Lemang banyak dijual jelang buka puasa. Paling enak disantap dengan tambahan saus gula aren atau gula pasir. Ada juga yang suka lemang versi dicocol durian. Nikmat!

Baca juga: Resep Kue Mendut yang Lembut Manis, Cocok untuk Buka Puasa


4. Timpan srikaya

Ciri khas timpan adalah dibungkus daun pisang muda yang warna hijaunya segar. Timpan banyak dijual di warung-warung Aceh, termasuk yang ada di Jakarta.

5. Pulut panggang

Mirip lemper, masyarakat Aceh juga kerap mengonsumsi pulut panggang sebagai takjil. Bahan utamanya beras ketan yang diberi isian ikan tongkol lalu dibakar di atas bara.

Ikan tongkol yang jadi isian pulut panggang terasa gurih pedas karena sudah diberi bumbu seperti cabai rawit, kemiri, bawang putih, hingga daun jeruk. Pulut panggang biasanya banyak dijajakan di warung kopi. Di bulan selain ramadan, menu ini populer disantap saat sarapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.