Kecelakaan KA Lodaya vs Truk di Perlintasan Sebidang Sleman, Tak Ada Korban Jiwa

Kecelakaan melibatkan Kereta Api Lodaya dan truk terjadi di perlintasan sebidang antara Stasiun Patukan-Stasiun Rewulu, Sleman, DI Yogyakarta. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini.

Dilansir detikJateng, Rabu (27/4), Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan kecelakaan terjadi pada Selasa (26/4) sekitar pukul 19.43 WIB.

Menurut Supriyanto, truk mengalami mogok saat hendak melintas di perlintasan sebidang.

“Kurang lebih pukul 19.43 WIB KA Lodaya terhalang kendaraan di perlintasan 720. (Ada) truk yang mogok ditarik oleh kendaraan lain sehingga terjebak, menyebabkan KA Lodaya tertemper truk tersebut,” kata Supriyanto, seperti dikutip dari detikJateng.

Supriyanto mengatakan pada pukul 21.00 WIB, KA Lodaya sudah melanjutkan perjalanan. Dia menambahkan bahwa truk yang tertabrak mengalami kerusakan.

Baca juga : Arus Mudik H-5 Lebaran, Tol Merak Arah Pelabuhan Merak Sempat Macet 4 Km

Supriyanto menjelaskan roda yang masuk di bawah lokomotif terseret sekitar 400 meter. Sementara untuk truk hanya terseret beberapa puluh meter. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Menurutnya, akibat kecelakaan ini mengganggu lalu lintas kereta. Untuk KA Lodaya mengalami keterlambatan sekitar satu jam.

Supriyanto pun mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati saat melintas di perlintasan sebidang.

Supriyanto juga menjelaskan aturan di perlintasan sebidang sudah jelas. Dahulukan perjalanan kereta api sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 114.

Leave a Reply

Your email address will not be published.