Serabi Likuran, Tradisi Berbagi Makanan Warga Pemalang di Penghujung Ramadhan 

Serabi Likuran, tradisi unik di Desa Penggarit, Pemalang. Pada tanggal ganjil di pengujung Ramadan, terdapat tradisi berbagi kue serabi yang digelar sejak Kamis (28/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022). Warga Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Pemalang ini, memasak serabi di rumah masing-masing kemudian dibagikan kepada tetangga dan saudara. Namun, di tahun ini, aksi memasak serabi tidak dilakukan di rumah-rumah warga, melainkan di jadikan satu di areal Bumdes Penggarit.

Imam Wibowo sebagai Kepala Desa Penggarit, mengatakan tradisi serabi likuran ini biasanya digelar di tanggal-tanggal ganjil di akhir bulan Ramadan, biasanya di mulai pada hari ke 21, 23, 25, 27 dan 29.

Tradisi ini nyatanya sempat hilang, tidak dijalankan oleh warga. Namun sejak tiga tahun terakhir ini, tradisi serabi likuran kembali dilakukan untuk menghidupkan kembali tradisi warga desa setempat untuk berbagi kepada sesama. Ternyata tidak selalu serabi yang akan dibagikan, namun banyak kue-kue lain.

Sebelumnya warga desa sini membuat serabi sendiri-sendiri di rumah. Namun saat ini dijadikan berkelompok di areal parkir Bumdes Penggarit. Serabi yang digunakan di acara likuran ini memang nampak seperti serabi pada biasanya,  berbahan dasar tepung beras yang dicampur santan kelapa. Hanya saja, kue serabi akan disajikan dengan kuah.

Baca Juga: Sate Leces, Makanan Khas Sumedang yang Perlu Kamu Coba

Ada dua varian kuahnya, yakni kuah yang terbuat dari santan kelapa dan juga dari olahan gula merah yang dicairkan ditambah parutan kelapa. Namun, tidak semua serabi itu dibagikan secara gratis. Beberapa warga juga menjual serabi jika mereka ingin mengambil dalam jumlah yang banyak.

Ya, tidak semua warga karena perkembangan terakhir ini, bisa memasak dan mengolah kue serabi. Tidak heran banyak warga yang justru lebih memilih cara praktis dengan membeli kue serabi. Selain untuk dimakan sendiri, juga untuk dibagikan ke saudara dan tetangga lainnya. Tradisi selikuran ini merupakan tradisi untuk menjalin silaturahmi antarwarga di Desa Penggarit, Pemalang..

Leave a Reply

Your email address will not be published.