Gokil Atlet Indonesia Menjadi Atlet Panjat Tebing Paling Cepat Di Dunia

Kiromal Katibin, atlet panjat tebing asal Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk kategori men’s speed pada Jumat, 6 Mei 2022. Artinya, ia resmi jadi manusia tercepat yang tercatat di dunia dalam hal panjat tebing. Rekor ini ia capai dalam Kejuaraan Dunia International Sport Climbing (IFSC) 2022 di Seoul, Korea Selatan. Catatan waktu Kiromal Katibin dalam memanjat tebing setinggi 15 meter adalah 5,17 detik. Pencapaian tersebut ia dapatkan pada sesi kedua kualifikasi ISFC.

Bukan yang pertama dari Indonesia

Urusan memanjat tebing, ternyata ini bukan pertama kalinya Indonesia menorehkan rekor tercepat dunia.

Catatan waktu Kiromal Katibin mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yang juga merupakan atlet asal Indonesia, Leonardo Veddriq.

Sebelum ini, Leonardo Veddriq memecahkan rekor dunia dengan waktu 5,208 detik tahun lalu di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat.

Rekor ini sekaligus melewati rekos sebelumnya yang diraih oleh atlet asal Indonesia, Leonard Veddriq di WC (world cup) IFSC tahun lalu di Salt Lake Ciity, Utah, Amerika Serikat,” ujar Federasi Panjat Tebing Indonesia, lewat akun resmi Instagram-nya,

Perjuangan Indonesia di Korea Selatan

Terlepas dari presetasi yang lagi-lagi bikin masyarakat Indonesia bangga, tim panjat tebing Indonesia kini tengah berjuang dalam kejuaraan dunia di Korea Selatan. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sendiri sudah mengirim 12 atlet senior nasional. Seluruhnya merupakan atlet dengan kategori speed. Totalnya, ada tiga kategori utama dalam kompetisi olahraga tersebut, yaitu speed, boulder, dan lead.

Tapi satu hal yang disayangkan, walau Indonesia punya prestasi yang harum dalam cabor ini, para atlet tadi tak berangkat ke SEA Games 2021 di Vietnam. Pasalnya, Vietnam tak membuka panjat tebing sebagai salah satu cabang olahraga yang dikompetisikan. Alasannya, fasilitas yang belum memadai dan jumlah peserta yang belum begitu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.