Bilqis Kalahkan Pemain Nomor 1 Dunia, Indonesia Unggul 1-0 Atas Jepang Pada Uber Cup 2022

Bilqis Prasista, pemain bulutangkis Indonesia yang kini bermain dalam ajang Uber Cup 2022 Sukses membungkan perwakilan Jepang, Pertandingan ini berlaga di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5) pagi.

Gim Pertama

Bilqis sudah mengungguli di awal set pertama dengan kedudukan 4-0, namun beberapa kesalahan nya membuat Akane menyamakan skor menjadi 4-4. Kemudian Bilqis sempat unggul namun kembali dikejar usai menyerobot shuttlecock di depan net yang ternyata out. Akane Yamaguchi kembali unggul dengan perolehan poin 11-9 dan menutup interval pertama. Perebutan  poin usai interval berlangsung sengit, namun Bilqis Prasista mampu merebut gim pertama dengan poin 21-19.

Gim Kedua

Di gim kedua, Akane berhasil meraih dua poin pertama. Sengitnya kejar-kejaran poin berlangsung, akane menambah poin menjadi 11-6 atas Bilqis di interval gim kedua. Bilqis kemudian mengejar ketertinggalan dan menyemakan poin menjadi 13-13 lewat kesalahan dari Akane. Gebrakan Bilqis masih berlanjut. Tambahan dua poin membuat Bilqis sampai ke point 20-18. Bilqis Prasista akhirnya menang 21-19, ia menumbangkan pemain putri terbaik dunia dan bikin Indonesia unggul 1-0 atas Jepang.

Siapa sih Akane Yamaguchi?

Akane Yamaguchi merupakan pebulutangkis asal Jepang yang berada pada peringkat pertama dalam bulutangkis tunggal putri dunia dan juga peringkat 13 World Tour BWF, mengutip dari pbdjarum.org & bwfbadminton.com. Akane Yamaguchi adalah pemain bulu tangkis Jepang yang merupakan Juara Dunia, memenangkan emas di tunggal putri pada Kejuaraan Dunia BWF 2021.

Dan juga berada di tim pemenang Jepang di Kejuaraan Junior Asia pada tahun 2012 dan memenangkan berbagai gelar tunggal putri. Ia kemudian memenangkan Kejuaraan Dunia Junior pada tahun 2013 dan 2014, Kejuaraan Junior Asia pada tahun 2014, dan Kejuaraan Asia pada tahun 2019. Dia membantu Jepang menang dengan skor maksimum 3-0 pada Kejuaraan Beregu Asia 2017, 2018, dan 2020 , Ia sekaligus mengakhiri 37 tahun Jepang tanpa gelar juara di Piala Uber pada 2018.

Siapa sih Bilqis Prasista?

Bilqis Prasista merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Joko Suprianto adalah salah satu legenda bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putra. Dia permain menyabet gelar Juara Dunia 1993. Sementara ibunya juga pernah membawa pulang trofi Piala Uber 1994 dan 1996. Kala itu, Zelin bermain di sektor ganda.

Baca Juga: Pengamat Sebut Seharusnya Indonesia Masuk di Jajaran Elite Sepakbola ASEAN

Bilqis Prasista juga bisa dibilang atlet anyar di pelatnas PBSI di Cipayung. Ia baru bergabung dengan pelatnas pada 2020. Meski begitu, dia tak butuh waktu lama untuk ikut mengharumkan Indonesia di level internasional. Pada Februari 2022. Sebelumnya, ia membantu Indonesia dalam Badminton Asia Team Championship (BATC) di Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.