Meriahnya Pembukaan SEA Games 2021 di Vietnam, Sosok Emilia Nova Jadi Pembawa Bendera Merah Putih

SEA Games 2021 resmi dibuka, Upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Vietnam digelar dengan meriah. Kontingen Indonesia yang diwakili oleh 29 Orang tampil dalam pembukaan SEA Games 2021. Atlet Emilia Nova menjadi pembawa bendera Merah Putih dan memimpin rombongan dari kontingen Indonesia.

Upacara tersebut dimulai pada jam 20.00 WIB. Acara berlangsung dengan permainan cahaya. Kombinasi aksi kolosal dan Augmented Reality serta Extended Reality. Pembukaan SEA Games 2021 ini membawakan dua tema, yaitu ‘Vietnam Ramah’, ‘Asia Tenggara yang Kuat’, dan ‘Asia Tenggara Cemerlang’. Tema “Let’s Shine” juga menjadi lagu resmi SEA Games Vietnam ini. berikut adalah beberapa foto Kemeriahan Pembukaan SEA Games 2021 Vietnam.

Rombongan Indonesia hadir setelah Brunei Darussalam dan Kamboja. Setelah rombongan Indonesia, menyusul kontingen Filipina, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Tuan rumah Vietnam masuk terakhir. Indonesia mengirim 499 atlet ke SEA Games 2021 yang sebelumnya ditunda setahun karena pandemi Covid-19. Hingga pembukaan malam ini, Indonesia saat ini masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 3 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Baca Juga: Klasemen SEA Games 2021, Indonesia Berada di Posisi 3

Emilia Nova

Sosok Emilia Nova ini menjadi perbincangan setelah pembukaan ajang SEA Games 2021 Vietnam. Berikut profil Emilia Nova yang juga andalan Indonesia di cabang olahraga atletik. Pemilihan Emilia Nova didasari oleh prestasi atlet 26 tahun tersebut. Emilia adalah peraih medali perak di SEA games 2017 dan Asian Games 2018, serta peraih medali emas di SEA Games 2019.

Emilia lahir di Jakarta, 20 Agustus 1995. Ia mengawali karier atletiknya sebagai pelari jarak 100 meter. Ia akhirnya beralih ke nomor lari gawang di turnamen U-21 Vietnam pada 2013 lalu. Ia sukses meraih runner-up Sapta Lomba ASEAN University Games 2014, runner-up lari gawang Singapore Open 2015, dan runner-up 4×100 meter Vietnam Open 2016. Emilia kemudian naik ke ajang yang lebih bergengsi, yaitu SEA Games 2017. Turun di nomor Heptatlon, Emilia memenangkan medali perak. Setahun kemudian di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Emilia yang tampil di nomor lompat gawang juga berhasil meraih medali perak.

Kerja keras Emilia membuahkan prestasi yang lebih tinggi ketika akhirnya ia meraih medali emas pertama di multicabang pada SEA Games 2019 Filipina. Pada 2021 lalu, Emilia cedera tumit yang memaksanya melewati kesempatan bermain pada Olimpiade Tokyo 2020. Tak ada pilihan selain menyaksikan rekan-rekannya tampil di pesta olahraga tertinggi dari layar kaca. Emilia berhasil bangkit beberapa bulan setelah cedera. Ia sukses menyabet medali emas PON Papua di nomor lari gawang 100 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.