‘PAON’ Cookbook, Buku Untuk Mengulik Kuliner, Tradisi, dan Budaya Bali

Bali merupakan kota yang biasa dikunjungi para wisatawan dari luar maupun dari dalam. Nah buat kalian yang mau lebih tau tentang bali, Paon Cookbook bisa jadi pilihan. PAON adalah cookbook karya penulis asal Bali keturunan Indonesia-Australia, yaitu Tjok Maya Kerthyasa, Ia berkolaborasi dengan I Wayan Kresna Yasa, chef asli Bali yang jadi global executive chef dan culinary director dari Potato Head. Ia terkenal sebagai chef yang selalu menghadirkan cita rasa tradisional Bali ke masakan-masakannya.

Baca Juga: Penyebab Biaya Platform Go-Food dan Aplikasi Sejenis Semakin Mahal, Bikin UMKM Males Berjualan?

Seputar PAON Cookbook

Buku ini membahas secara lebih lengkap makanan khas Bali sekaligus resepnya, buku ini berisi lebih dari 80 hidangan kuliner rumahan maupun tradisional, dari yang simple sampai yang kompleks, ditampilkan baik melalui tulisan maupun kumpulan foto.

Nama PAON sendiri diambil dari kata dalam bahasa Bali, “paon”, yang artinya dapur; berasal dari kata “aon” yang diterjemahin sebagai abu. Di sini, buku paon ini dibuat sebagai keragaman masakan Bali secara mendalam, lewat cerita soal kebudayaan dan tradisi di pulau Dewata. Buku ini terdiri dari enam chapter yang masing-masing membahas soal asal-usul dan style makanannya.

Nah Part yang menarik lainnya dari buku ini adalah proses masaknya yang juga jadi highlight utama. Maya dan Wayan tidak pelit untuk membagikan resep turun temurun yang mereka pelajari di keluarga mereka sebagai bentuk pelajaran buat generasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.