5 Kuliner Semarang yang Cocok Jadi Oleh-Oleh

  •  Lumpia

Lumpia menjadi Kue jajanan utama jika kalian berkunjung ke Semarang. Salah satu lokasi yang menjual lumpia di pinggir jalanan adalah lokasi pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Harganya bervariatif mulai Rp 12.000 hingga Rp 19.500. Di Jalan Mataram penjual lumpia juga bisa ditemui. Ada beberapa penjual lumpia yang legendaris yang berada di Semarang antara lain Lumpia gang Lombok.

Ada juga Lumpia Mbak Lien yang tersohor. Lokasinya ada di Jalan Pemuda. Jika dari arah Kota Lama menuju Tugu Muda, maka Lumpia Mbak Lien ada di kiri jalan. Lumpia dijual dua jenis yaitu lumpia basah dan kering. Jika untuk oleh-oleh dan dimakan lain hari, disarankan beli lumpia basah karena biasanya bisa bertahan cukup lama sekitar seminggu jika disimpan di lemari es, atau dua hari di suhu biasa. Ketika kamu akan menyantap, cukup digoreng.

  • Bandeng Presto

Ikan Bandeng memiliki banyak duri, namun setelah dipresto maka durinya akan menjadi lunak dan mudah untuk dimakan. Kuliner ini menjadi salah satu makanan khas Semarang yang jadi andalan. Salah satu restonya adalah Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran menjadi salah satu yang legendaris dan laris. Di musim mudik ini hampir tiap hari toko di Jalan Pandanaran dibanjiri pembeli.

Baca Juga: ‘PAON’ Cookbook, Buku Untuk Mengulik Kuliner, Tradisi, dan Budaya Bali

Untuk harganya tergantung jenisnya. Contohnya untuk Bandeng Duri Lunak biasa isi 5-6 ekor per kilogram dihargai Rp 121 ribu. Kemudian isi 4 ekor per kilogram Rp 128 ribu, dan isi 3 ekor per kilogram Rp 138 ribu.

  • Kue Mochi

Kue Mochi sebenarnya ada di beberapa daerah, bukan hanya di Semarang. Namun di Kota Semarang juga disuguhkan sebagai makanan khas yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Kue manis ini terbuat dari tepung ketan dan berbentuk bulat dengan kacang cincang dan gula di dalamnya. Rasanya yang manis dan tekstur kenyal dengan wijen cukup nikmat sebagai camilan. Salah satu kue Mochi terkenal di Semarang yakni Moachi Gemini. Kue ini terletak di Jalan Kentangan Barat nomor 101.

  • Tahu Bakso

Terdengar biasa, namun makanan ini memang banyak dicari di Semarang. Yang cukup terkenal yaitu Tahu Baxo Bu Pudji yang tokonya ada di Ungaran, Kabupaten Semarang, dan ada juga di Pandanaran, Kota Semarang. Makanan ini berupa tahu yang isinya daging cincang dan campuran bahan untuk bakso.

  • Wingko Babat

Kuliner ini juga bisa ditemui di pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Biasanya di stasiun juga banyak toko yang menjual karena cukup ringkas dibawa untuk buah tangan. Wingko Babat merupakan kue berbahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga cokelat kehitaman, lalu dibungkus dengan kertas. Wingko memiliki rasa kelapa, cokelat, nangka hingga durian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.